Apakah Aqiqah Anak Laki-laki Harus 2 Kambing?

By | October 15, 2023

Aqiqah adalah salah satu tradisi penting dalam agama Islam yang dilakukan sebagai bentuk syukur atas kelahiran seorang anak. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah aqiqah anak laki-laki harus menggunakan 2 ekor kambing, sementara untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing.

Mengapa Dua Ekor Kambing untuk Anak Laki-laki?

Untuk memahami mengapa aqiqah anak laki-laki menggunakan 2 ekor kambing, kita perlu merujuk pada ajaran agama Islam dan tradisi yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam agama Islam, ada beberapa hadis yang mengatur tentang aqiqah, salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik:

“Nabi Muhammad SAW melaksanakan aqiqah untuk Al-Hasan dan Al-Husain dengan memotong dua ekor kambing untuk setiap anak.”

Hadis ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW sendiri telah melaksanakan aqiqah untuk kedua cucunya, Al-Hasan dan Al-Husain, dengan memotong dua ekor kambing untuk setiap anak laki-laki. Oleh karena itu, tradisi ini dijadikan sebagai tuntunan bagi umat Muslim dalam melaksanakan aqiqah untuk anak laki-laki.

Keistimewaan Aqiqah Anak Laki-laki

Aqiqah anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing memiliki makna dan keistimewaan tersendiri. Dalam tradisi Islam, anak laki-laki dianggap memiliki bobot yang lebih besar dalam hal tanggung jawab dan peran dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, aqiqah dengan menggunakan dua ekor kambing untuk anak laki-laki dianggap sebagai penghormatan dan tanda pengakuan terhadap peran dan tanggung jawab tersebut.

Dua ekor kambing juga melambangkan kelimpahan rezeki dan keberkahan yang diharapkan bagi anak laki-laki tersebut. Dalam Islam, kambing dianggap sebagai hewan yang melambangkan kemakmuran dan keberkahan. Dengan memotong dua ekor kambing, orang tua berharap agar anak laki-laki mereka tumbuh dan berkembang dalam kemakmuran dan keberkahan.

Perbedaan Aqiqah untuk Anak Perempuan

Sementara itu, aqiqah untuk anak perempuan dilakukan dengan memotong satu ekor kambing. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Aisha:

“Rasulullah SAW menyuruhku untuk melaksanakan aqiqah atas nama putriku dan mengatakan bahwa satu ekor kambing sudah cukup untuknya.”

Hadis ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan aqiqah dengan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Meskipun demikian, aqiqah untuk anak perempuan tetap memiliki makna dan keutamaannya sendiri, meskipun tidak menggunakan dua ekor kambing seperti aqiqah anak laki-laki.

Secara keseluruhan, aqiqah anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing dan aqiqah anak perempuan menggunakan satu ekor kambing. Hal ini didasarkan pada ajaran agama Islam dan tradisi yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Aqiqah anak laki-laki dengan dua ekor kambing memiliki makna dan keistimewaan tersendiri sebagai penghormatan terhadap peran dan tanggung jawab anak laki-laki. Sementara itu, aqiqah anak perempuan dengan satu ekor kambing tetap memiliki makna dan keutamaannya sendiri. Dalam melaksanakan aqiqah, penting bagi orang tua untuk memahami makna dan tujuan di balik tradisi ini serta melakukannya dengan niat yang ikhlas dan penuh syukur.