Berapa Bulan Anak Dikatakan Terlambat Berjalan?

By | February 1, 2024

Pada usia 12 hingga 18 bulan, anak-anak biasanya sudah dapat melangkah dengan mantap dan berjalan dengan penuh percaya diri. Namun, apa yang seharusnya terjadi jika anak Anda sudah melewati usia 18 bulan dan masih belum mampu berjalan sendiri? Apakah ada alasan untuk khawatir?

Sebelum kita memasuki pembahasan mengenai berapa bulan anak dikatakan terlambat berjalan, penting untuk memahami perkembangan berjalan pada anak secara umum. Berjalan adalah salah satu kemampuan motorik yang kompleks dan memerlukan koordinasi yang baik antara otot, keseimbangan, dan persepsi visual.

Pada usia sekitar 9 hingga 12 bulan, banyak anak mulai berusaha berdiri dengan dukungan dan mencoba melangkah dengan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya. Selama beberapa bulan berikutnya, mereka akan terus berlatih dan memperkuat otot-otot kaki serta keseimbangan tubuh mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk akhirnya dapat berjalan sendiri tanpa dukungan apapun.

Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, dan ada jangka waktu yang wajar untuk mencapai setiap tonggak perkembangan. Namun, jika anak Anda sudah melewati batas waktu yang wajar dan masih belum menunjukkan kemajuan dalam berjalan, mungkin ada penyebab lain yang perlu diperhatikan.

Penyebab Terlambat Berjalan pada Anak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam perkembangan berjalan pada anak. Beberapa faktor yang mungkin berperan antara lain:

  • Keterlambatan perkembangan motorik: Beberapa anak mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik, di mana mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh yang diperlukan untuk berjalan.
  • Gangguan perkembangan: Beberapa kondisi medis, seperti cerebral palsy atau kelainan perkembangan lainnya, dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk berjalan. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai perkembangan anak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.
  • Kecemasan atau ketidakpercayaan diri: Beberapa anak mungkin mengalami kecemasan atau kurangnya keyakinan diri dalam berjalan. Hal ini dapat disebabkan oleh pengalaman traumatis atau faktor emosional tertentu. Dalam hal ini, dukungan emosional dan terapi dapat membantu anak membangun kepercayaan diri mereka.

Adanya keterlambatan dalam berjalan tidak selalu merupakan tanda masalah serius. Namun, penting untuk mengamati perkembangan anak secara keseluruhan dan berkonsultasi dengan dokter anak jika Anda memiliki kekhawatiran yang berkelanjutan.

Langkah yang Dapat Dilakukan

Jika anak Anda mengalami terlambat berjalan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Konsultasikan dengan dokter anak: Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perkembangan anak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Mereka dapat melakukan evaluasi menyeluruh dan memberikan saran yang tepat.
  • Stimulasi dan latihan: Bantu anak Anda dalam mengembangkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh melalui berbagai aktivitas stimulasi dan latihan yang sesuai dengan usianya. Ini dapat meliputi latihan merangkak, berdiri, dan berjalan dengan dukungan yang tepat.
  • Dukungan emosional: Berikan anak Anda dukungan emosional yang kuat dan dorong kepercayaan diri mereka. Hal ini dapat membantu mereka mengatasi kecemasan atau ketidakpercayaan diri yang mungkin menghambat perkembangan berjalan.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak unik dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Beberapa anak mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai tonggak perkembangan tertentu, termasuk berjalan. Dengan dukungan yang tepat dari orang tua dan tenaga medis, anak-anak tersebut dapat mencapai kemampuan berjalan dengan sukses.

Jadi, jika anak Anda mengalami keterlambatan dalam berjalan, jangan panik. Amati perkembangan anak secara keseluruhan, konsultasikan dengan dokter anak, dan berikan dukungan yang dibutuhkan. Dengan perhatian dan stimulasi yang tepat, anak Anda akan mengejar ketertinggalan mereka dan mencapai tonggak perkembangan berjalan dengan penuh kegembiraan dan keberhasilan.

Tetaplah mendukung dan memberikan cinta kepada anak Anda dalam perjalanan perkembangannya. Ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang diambil oleh anak adalah bagian penting dari perjalanan mereka menuju kemandirian dan kesuksesan di masa depan.