Berapa Bulan Bayi dalam Kandungan Bisa Mendengar?

By | November 13, 2023

Percayakah kamu bahwa bayi dalam kandungan sudah bisa mendengar suara sebelum mereka lahir? Ya, sungguh menakjubkan, bukan? Ternyata, janin mulai memiliki kemampuan pendengaran sejak usia 18 minggu. Bayi-bayi kecil yang belum lahir ini benar-benar memiliki sensasi dunia luar sebelum mereka bahkan bisa melihat cahaya pertama kali.

Kemampuan Pendengaran Janin

Pada usia 18 minggu, janin mulai mengembangkan sistem pendengaran mereka. Pada tahap ini, telinga mereka sudah cukup matang untuk mendeteksi suara di sekitarnya. Meskipun masih di dalam rahim, janin sudah bisa menangkap getaran suara dan mengirimkannya ke otak mereka. Bayi dalam kandungan ini sebenarnya dapat mendengarkan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Setelah mencapai usia 24 minggu, kemampuan pendengaran janin semakin berkembang. Mereka tidak hanya dapat mendengarkan suara, tetapi juga meresponsnya dengan gerakan yang lebih aktif. Ketika janin mendengar suara, mereka bisa menendang, bergerak, dan bahkan membuka mulut mereka sebagai tanggapan terhadap rangsangan suara yang mereka terima.

Moms dan Dads, inilah saat yang tepat untuk mulai berbicara dengan janin di dalam kandungan. Meskipun suara yang mereka dengar masih samar, mereka bisa merasakan kehangatan dan cinta dari suara-suara yang akrab, termasuk suara ibu dan ayah mereka. Bukan ide yang buruk untuk menyanyikan lagu kecil atau bercerita kepada mereka. Siapa tahu, mungkin bayi akan merespons dengan gerakan-gerakan kecil yang lucu!

Manfaat Mendengarkan Suara di dalam Kandungan

Mendengarkan suara di dalam kandungan tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi bayi, tetapi juga memiliki manfaat penting untuk perkembangan mereka. Beberapa manfaatnya termasuk:

  • Stimulasi Perkembangan Otak: Suara yang bayi dengar di dalam kandungan dapat merangsang perkembangan otak mereka. Ini membantu membentuk jalur saraf yang penting untuk fungsi-fungsi penting seperti pendengaran, bahasa, dan kognisi.
  • Ikatan Emosional: Bayi yang mendengarkan suara orang tua mereka di dalam kandungan cenderung merasa lebih terhubung secara emosional setelah mereka lahir. Mereka merasa akrab dengan suara-suara tersebut dan merasa aman saat mendengarkannya di dunia luar.
  • Penenang: Suara-suara yang dikenali oleh bayi saat dalam kandungan dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan saat mereka lahir. Mereka mengasosiasikan suara tersebut dengan kehangatan dan kasih sayang, membantu mereka menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka.

Jadi, Moms dan Dads, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan bayi Anda di dalam kandungan. Ceritakanlah tentang hari-hari Anda, nyanyikan lagu-lagu favorit Anda, atau sederhananya, berikan mereka pengakuan bahwa mereka sudah sangat ditunggu-tunggu dan dicintai. Meskipun mereka mungkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, mereka bisa merasakan cinta dan kehadiran Anda melalui suara-suara yang mereka dengar.

Jadi, berapa bulan bayi dalam kandungan bisa mendengar? Sejak usia 18 minggu, janin mulai mengembangkan kemampuan pendengaran mereka. Pada usia 24 minggu, mereka sudah dapat merespons suara dengan gerakan aktif seperti menendang dan membuka mulut. Mendengarkan suara di dalam kandungan memberikan manfaat penting bagi perkembangan otak bayi, ikatan emosional, dan ketenangan mereka setelah lahir. Jadi, jangan ragu untuk berbicara, menyanyi, dan memberikan cinta kepada bayi Anda bahkan sebelum mereka lahir. Mereka sudah mulai mendengar dan merasakan cinta Anda dari dalam rahim. Itu adalah momen yang istimewa, bukan?

Selamat menikmati momen-momen indah bersama buah hati Anda!