Berapa Jam Susu Bertahan Setelah Dibuat?

By | January 29, 2024

Pertanyaan yang sering muncul di benak para orangtua adalah, berapa lama susu formula bisa bertahan setelah dibuat? Menjaga kebersihan dan keamanan susu yang kita berikan kepada bayi adalah prioritas utama. Tidak hanya ingin memberikan nutrisi yang optimal, tetapi juga ingin memastikan bahwa susu formula yang diberikan masih segar dan aman dikonsumsi.

Susu formula dapat bertahan selama 24 jam setelah dibuat. Tetapi perlu diingat, waktu penyimpanan tersebut hanya berlaku jika susu telah dimasukkan ke dalam kulkas segera setelah diberikan kepada bayi. Jika susu telah terpapar dengan udara atau suhu ruangan selama lebih dari satu jam, sebaiknya segera dibuang.

Mengapa Hanya 24 Jam?

Ada beberapa alasan mengapa susu formula hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah dibuat. Pertama, susu formula merupakan media yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri. Dalam suhu ruangan, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat di dalam susu formula. Oleh karena itu, untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, susu formula perlu disimpan di suhu rendah.

Kedua, meskipun susu formula mengandung zat-zat yang melindungi bayi dari infeksi, tetapi kandungan nutrisinya juga bisa menjadi makanan bagi bakteri. Jika susu formula dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan, bakteri dapat tumbuh dan berkembang di dalamnya, meningkatkan risiko infeksi pada bayi.

Ketiga, susu formula yang sudah tercampur dengan air dan terbuka untuk udara dapat menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Apabila susu formula yang sudah tercemar dengan bakteri dikonsumsi oleh bayi, dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau infeksi saluran cerna.

Cara Menyimpan Susu Formula dengan Benar

Untuk menjaga susu formula tetap segar dan aman dikonsumsi oleh bayi, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pastikan semua peralatan yang digunakan, seperti botol, dot, dan alat pengukur, sudah dicuci bersih dan disterilkan sebelum digunakan.
  • Ikuti petunjuk pada kemasan susu formula untuk mencampur susu dengan air secukupnya.
  • Segera setelah susu formula selesai dicampur, masukkan botol ke dalam kulkas dengan suhu 4°C atau di bawahnya. Pastikan botol tersegel rapat.
  • Jangan pernah memanaskan susu formula yang sudah disiapkan di dalam microwave, karena suhu yang tidak merata dapat membahayakan bayi. Sebaiknya gunakan cara tradisional, yaitu dengan memasukkan botol ke dalam air hangat.
  • Pastikan untuk membuang sisa susu formula yang tidak terpakai setelah 24 jam.

Memahami berapa lama susu formula dapat bertahan setelah dibuat sangat penting bagi para orangtua. Dengan mengikuti langkah-langkah penyimpanan yang benar, Anda dapat memberikan susu formula yang segar dan aman untuk bayi Anda.

Jadi, berdasarkan informasi yang telah disampaikan, susu formula hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah dibuat. Adanya risiko pertumbuhan bakteri dan kemungkinan tercemarnya susu formula menjadikan pentingnya menjaga kebersihan dan kesegaran susu yang diberikan kepada bayi. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah penyimpanan yang benar dan membuang sisa susu formula yang tidak terpakai setelah 24 jam. Dengan demikian, Anda dapat memberikan nutrisi yang optimal dan menjaga kesehatan bayi Anda dengan baik.

Jangan ragu untuk selalu memeriksa petunjuk pada kemasan susu formula yang Anda gunakan, karena setiap merek bisa saja memiliki rekomendasi penyimpanan yang sedikit berbeda. Jagalah kebersihan peralatan dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter anak Anda jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara memberikan susu formula yang baik dan aman bagi bayi Anda.

Sekarang, dengan pengetahuan ini, Anda dapat dengan lebih percaya diri merawat bayi Anda dan memberikan nutrisi yang optimal setiap kali menyajikan susu formula. Jaga kebersihan, pastikan susu tetap segar, dan berikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda!