Bercak Putih pada Kulit Bayi: Apakah Bisa Hilang?

By | April 13, 2024

Bayi yang baru lahir seringkali memiliki berbagai perubahan pada kulitnya. Salah satu perubahan yang sering ditemui adalah bercak putih pada kulit bayi. Bercak putih ini dapat memunculkan kekhawatiran pada orangtua, namun sebenarnya, sebagian besar bercak putih pada kulit bayi merupakan hal yang normal dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Bercak Putih pada Kulit Bayi

Bercak putih pada kulit bayi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah milia. Milia adalah kondisi yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil berwarna putih atau kuning di wajah bayi. Bercak ini terbentuk akibat adanya penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di pori-pori kulit. Milia umumnya muncul pada bayi yang baru lahir dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan.

Selain itu, bercak putih pada kulit bayi juga bisa disebabkan oleh Eritema Toksikum Neonatorum (ETN). ETN adalah ruam merah dengan pusat putih yang sering muncul pada bayi yang baru lahir. Ruam ini biasanya muncul dalam beberapa hari setelah lahir dan dapat terjadi di seluruh tubuh bayi. Menurut American Osteopathic College of Dermatology, bercak putih pada kulit bayi akibat ETN tidak membutuhkan pengobatan khusus. Bercak umumnya akan menghilang sendiri dalam waktu 5—14 hari. Meski begitu, lenting dapat pecah kapan saja dan jika terjadi infeksi atau komplikasi lainnya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cara Mengatasi Bercak Putih pada Kulit Bayi

Jika bercak putih pada kulit bayi disebabkan oleh milia, tidak diperlukan pengobatan khusus. Bercak ini akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi bercak putih pada kulit bayi:

  • Jaga kebersihan kulit bayi dengan membersihkannya secara lembut menggunakan air hangat dan handuk bersih.
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok untuk bayi.
  • Hindari mencoba memencet atau mengeluarkan isi bercak putih tersebut, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi atau iritasi kulit.
  • Beri perlindungan kulit bayi dari sinar matahari langsung dengan menggunakan pakaian yang melindungi kulit dan tabir surya yang aman untuk bayi jika perlu.

Adapun jika bercak putih pada kulit bayi disebabkan oleh ETN, Anda tidak perlu khawatir. Ruam ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika Anda melihat tanda-tanda infeksi seperti pembengkakan, nyeri, atau demam pada bayi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Sebagian besar bercak putih pada kulit bayi merupakan hal yang normal dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, ada beberapa situasi di mana sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu diwaspadai:

  • Jika bercak putih pada kulit bayi tidak hilang setelah beberapa minggu atau bulan.
  • Jika bercak putih disertai dengan gejala lain seperti gatal, kemerahan, atau pembengkakan.
  • Jika bercak putih mengalami perubahan bentuk, ukuran, atau warna.
  • Jika bercak putih terasa nyeri atau menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi.

Jika Anda mengalami kekhawatiran atau keraguan mengenai bercak putih pada kulit bayi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan dapat memberikan diagnosis yang lebih akurat dan memberikan saran serta penanganan yang sesuai untuk mengatasi bercak putih pada kulit bayi.

Bercak putih pada kulit bayi umumnya merupakan hal yang normal dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Bercak ini dapat disebabkan oleh milia atau Eritema Toksikum Neonatorum (ETN). Milia akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, sedangkan ETN umumnya akan menghilang dalam waktu 5—14 hari. Jika Anda mengalami kekhawatiran atau gejala yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ingatlah untuk menjaga kebersihan kulit bayi dan hindari penggunaan produk yang tidak cocok untuk bayi. Dengan perawatan yang tepat, bercak putih pada kulit bayi akan hilang dengan sendirinya dan kulit bayi akan kembali sehat dan normal.