Dari Manakah Inspirasi Makanan Kembang Goyang?

By | February 23, 2024

Kue tradisional khas Betawi yang terkenal dengan nama “kembang goyang” merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Dengan tampilan yang cantik dan rasa yang lezat, makanan ini sering menjadi pilihan untuk disajikan dalam berbagai acara seperti pernikahan, syukuran, atau sebagai camilan di sore hari. Tapi, dari mana sebenarnya inspirasi untuk menciptakan makanan kembang goyang ini berasal?

Sejarah Kembang Goyang

Untuk mengetahui inspirasi di balik makanan kembang goyang, kita perlu melihat ke dalam sejarah Betawi, suku asli yang tinggal di wilayah Jakarta. Kebudayaan Betawi memiliki banyak pengaruh dari budaya Jawa, Tionghoa, dan Arab, yang terlihat jelas dalam keunikan makanan-makanan tradisionalnya.

Pengaruh Budaya Jawa

Salah satu teori yang cukup populer adalah bahwa kembang goyang terinspirasi oleh bentuk perhiasan yang biasa digunakan sebagai hiasan rambut pengantin Jawa, yang dikenal sebagai “sanggul” atau “konde”. Pada masa lalu, wanita Jawa sering memakai hiasan bunga atau perhiasan lainnya yang dijepitkan pada sanggul mereka.

Bentuk perhiasan yang dipasang di sanggul ini sering kali memiliki hiasan bergerak atau bergoyang saat sanggul bergerak. Dari sinilah kemudian muncul ide untuk menciptakan makanan yang juga memiliki gerakan yang serupa. Maka lahirlah kembang goyang yang merupakan kue yang bentuknya menyerupai bunga dan memiliki gerakan goyang saat dipegang atau digoyangkan.

Pengaruh Budaya Tionghoa

Selain pengaruh budaya Jawa, makanan kembang goyang juga memiliki kemiripan dengan beberapa makanan Tionghoa seperti “jiu cai he zi” atau “kucai he ci”, yaitu sejenis dumpling berbentuk bunga yang diisi dengan bahan-bahan seperti acar atau daging cincang. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan adopsi dan adaptasi dari masakan Tionghoa dalam menciptakan kembang goyang.

Pengaruh Budaya Arab

Tidak hanya itu, terdapat juga kemungkinan pengaruh dari budaya Arab dalam menciptakan makanan kembang goyang. Betawi memiliki sejarah yang kaya dalam hubungan dagang dengan bangsa Arab, terutama melalui pelabuhan-pelabuhan di wilayah Jakarta. Pengaruh Arab ini terlihat dalam beberapa makanan tradisional Betawi yang menggunakan rempah-rempah khas Timur Tengah, seperti bubur lambuk atau soto Betawi.

Penyebaran dan Popularitas Kembang Goyang

Seiring berjalannya waktu, makanan kembang goyang menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Betawi dan sekitarnya. Kue ini sering disajikan dalam berbagai acara adat dan keagamaan, seperti pernikahan, khitanan, atau hari raya. Selain itu, makanan ini juga bisa ditemukan di berbagai toko kue tradisional dan pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Kembang goyang juga telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan menjadi salah satu kue tradisional yang terkenal. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh khas Jakarta yang dibeli oleh wisatawan atau oleh mereka yang merantau dari Jakarta ke daerah lain.

Cara Membuat Kembang Goyang

Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat kembang goyang sendiri, berikut adalah resep dan cara pembuatannya:

  • Siapkan adonan dengan mencampurkan tepung terigu, gula, garam, vanili, dan telur.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang lembut dan kental.
  • Panaskan minyak dalam wajan.
  • Ambil sejumput adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam minyak panas.
  • Goreng adonan hingga berwarna keemasan dan mengembang.
  • Tiriskan kembang goyang yang sudah matang dan biarkan dingin.
  • Kembang goyang siap disajikan dan dinikmati!

Selain bentuknya yang menarik, makanan kembang goyang juga memiliki rasa yang enak. Kue ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya yang manis membuatnya cocok dijadikan camilan atau hidangan penutup.

Jadi, dari manapun inspirasinya berasal, makanan kembang goyang telah menjadi bagian penting dari warisan kuliner Betawi. Dalam setiap gigitan kue ini, kita dapat merasakan sejarah dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Yuk, coba buat kembang goyang sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya!