Kenapa Anak Anjing Belekan?

By | May 17, 2024

Pernahkah Anda melihat anak anjing yang sering mengeluarkan kotoran dari matanya? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya. Hal ini umum terjadi pada anjing, dan kondisi tersebut dikenal sebagai belekan. Belekan pada anak anjing dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk alergi, benda asing, atau masalah kesehatan yang lebih serius.

Alergi dan Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab umum belekan pada anak anjing adalah alergi. Anjing bisa alergi terhadap makanan, serbuk sari, debu, atau bahan kimia tertentu. Ketika anjing alergi, tubuhnya merespons dengan menghasilkan histamin, yang dapat menyebabkan peradangan pada mata. Ini mengakibatkan produksi cairan berlebihan dan mengeluarkan lendir dari mata anjing.

Faktor lingkungan seperti debu, serbuk sari, atau angin yang kencang juga dapat menjadi pemicu belekan pada anak anjing. Ketika benda asing atau partikel tersebut masuk ke mata anjing, tubuh anjing bereaksi dengan menghasilkan lendir untuk melindungi mata dari iritasi. Inilah mengapa anjing seringkali mengeluarkan lendir encer dari matanya.

Benda Asing di Mata

Keluarnya lendir encer dari satu mata anak anjing juga bisa menjadi tanda bahwa ada benda asing yang masuk ke mata. Misalnya, bulu mata yang terjepit atau debu yang masuk ke mata anjing bisa menyebabkan iritasi dan menghasilkan cairan berlebihan. Jika Anda melihat anak anjing Anda menggosok-gosok matanya dengan cakar atau telapak kakinya, itu mungkin menunjukkan bahwa ada benda asing yang mengganggu di mata anak anjing.

Sebaiknya, jangan mencoba mengeluarkan benda asing tersebut sendiri jika tidak memiliki pengalaman atau keahlian dalam melakukan hal tersebut. Bawa anak anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah cedera lebih lanjut pada mata anjing.

Masalah Kesehatan yang Lebih Serius

Belekan pada anak anjing juga bisa menjadi gejala masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya, infeksi mata seperti konjungtivitis atau infeksi saluran air mata dapat menyebabkan keluarnya cairan atau lendir dari mata anjing. Jika anak anjing Anda mengalami belekan yang berlebihan, disertai dengan mata merah, bengkak, atau tanda-tanda ketidaknyamanan lainnya, segera bawa anak anjing ke dokter hewan untuk evaluasi dan perawatan yang diperlukan.

Anak anjing yang mengeluarkan kotoran mata yang jernih atau lendir encer mungkin mengalami belekan. Hal ini bisa disebabkan oleh alergi, benda asing di mata, atau masalah kesehatan yang lebih serius. Penting bagi pemilik anjing untuk memperhatikan gejala dan tanda-tanda lain yang mungkin menyertai belekan, seperti mata merah atau bengkak. Jika Anda khawatir dengan kondisi anak anjing Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.