Kenapa Bayi Sering Menggosok Muka?

By | May 15, 2024

Bayi berusia di bawah 3 bulan belum memiliki kontrol yang baik terhadap tangannya. Hal ini menyebabkan bayi sering menggerakkan tangan dengan tidak terkontrol ke arah wajah dan telinga, dan secara tidak sengaja menggores kulitnya. Bayi menggarukkan tangan ke daerah wajah dan telinga biasanya saat bayi sedang mengantuk.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bayi Menggosok Muka

Bayi menggosok muka mereka dengan alasan yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebiasaan ini adalah:

  • Rasa Gatal: Salah satu alasan utama mengapa bayi menggosok muka adalah karena mereka merasa gatal. Mungkin ada iritasi pada kulit bayi, misalnya karena bibir kering atau ruam popok. Gatal ini memicu respons bayi untuk menggaruk area yang terasa tidak nyaman.
  • Stimulasi: Bayi juga sering menggosok muka mereka sebagai respons terhadap rangsangan dari lingkungan sekitar. Sentuhan ringan pada wajah mereka dapat menyebabkan mereka menggerakkan tangan mereka ke arah tersebut. Ini adalah cara bayi bereksplorasi dengan dunia sekitarnya.
  • Kelelahan: Saat bayi mengantuk, mereka cenderung menggosok mata mereka dengan tangan mereka. Ini adalah tanda bahwa mereka ingin tidur dan mencoba menghilangkan rasa kantuk yang tidak nyaman.

Bagaimana Mengatasi Kebiasaan Menggosok Muka pada Bayi?

Sebagai orang tua, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kebiasaan menggosok muka pada bayi Anda:

  • Periksa Kulit Bayi: Periksa apakah ada iritasi pada kulit bayi yang menyebabkan gatal. Jika ada ruam atau kulit kering, gunakan produk yang lembut dan bebas pewangi untuk merawat kulit bayi.
  • Lindungi Tangan Bayi: Untuk mencegah bayi menggores kulitnya sendiri, Anda dapat mengenakan sarung tangan bayi saat tidur. Ini akan membantu melindungi wajah bayi dari cakaran tanpa mengganggu gerakan tangannya secara keseluruhan.
  • Beri Perhatian dan Kenyamanan: Jika bayi menggosok muka mereka karena kantuk, berikan perhatian ekstra dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman bagi mereka. Gunakan rutinitas tidur yang konsisten dan bantu bayi agar lebih mudah tertidur.

Kapan Harus Mengkhawatirkan Kebiasaan Menggosok Muka pada Bayi?

Sementara kebiasaan menggosok muka pada bayi umum terjadi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan, ada beberapa tanda yang harus Anda perhatikan:

  • Luka atau Infeksi: Jika bayi menggores kulitnya secara terus-menerus hingga menyebabkan luka atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter. Ini mungkin memerlukan perawatan medis.
  • Perilaku yang Berubah: Jika bayi tiba-tiba mulai menggosok muka mereka dengan intensitas yang lebih tinggi dan terlihat tidak nyaman, ada kemungkinan ada masalah lain yang perlu diidentifikasi. Bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Bayi sering menggosok muka mereka karena kurangnya kontrol terhadap tangannya. Faktor-faktor seperti rasa gatal, rangsangan, dan kelelahan dapat mempengaruhi kebiasaan ini. Sebagai orang tua, Anda dapat mengatasi kebiasaan ini dengan memeriksa dan merawat kulit bayi, melindungi tangan mereka, dan memberikan perhatian serta kenyamanan saat tidur. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan yang tepat.