Kenapa Ibu Hamil Sering Rontok Rambutnya?

By | April 27, 2024

Pada masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh seorang ibu. Salah satu perubahan yang sering dialami adalah rontoknya rambut. Mengapa ibu hamil sering mengalami kerontokan rambut? Berikut ini adalah beberapa penyebab utama yang dapat menjelaskan fenomena ini.

Perubahan Hormon

Saat hamil, hormon dalam tubuh mengalami perubahan yang signifikan. Hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat secara drastis selama masa kehamilan. Peningkatan hormon ini dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut, membuatnya lebih pendek dari biasanya. Hal ini menyebabkan rambut lebih mudah rontok.

Perubahan hormon juga dapat mempengaruhi keseimbangan alami rambut. Rambut normalnya tumbuh, istirahat, dan rontok secara bergantian dalam siklus pertumbuhannya. Namun, selama kehamilan, lebih banyak rambut berada dalam tahap pertumbuhan, sementara tahap rontoknya berkurang. Ini berarti ketika masa kehamilan berakhir dan hormon kembali normal setelah melahirkan, rambut yang seharusnya rontok selama kehamilan akan mulai rontok secara bersamaan, menyebabkan peningkatan kerontokan rambut.

Penjelasan sederhana dari perspektif ilmiah adalah ketika Anda hamil, hormon yang bertanggung jawab untuk mempertahankan siklus rambut normal berubah, sehingga membuat siklus pertumbuhan rambut menjadi tidak seimbang. Inilah yang menyebabkan rambut lebih mudah rontok saat hamil.

Kekurangan Nutrisi

Masa kehamilan juga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi daripada biasanya. Tubuh ibu hamil membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan bayi yang sehat. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, itu dapat mengorbankan rambut dan menjadikannya lebih rentan terhadap kerontokan.

Beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut meliputi vitamin B, vitamin C, zat besi, dan protein. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi ini, atau jika perlu, dokter mungkin merekomendasikan suplemen nutrisi untuk memenuhi kebutuhan Anda selama kehamilan.

Tip: Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen nutrisi, karena beberapa suplemen mungkin tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Faktor Stres

Stres juga dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut selama kehamilan. Masa kehamilan sendiri dapat menjadi periode yang menegangkan dan penuh dengan perubahan fisik dan emosional. Jika stres tidak dikendalikan dengan baik, itu dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh dapat melepaskan hormon yang disebut kortisol. Tingkat kortisol yang tinggi dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan mempercepat kerontokan rambut. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik selama kehamilan, seperti dengan berolahraga ringan, meditasi, atau mencari dukungan dari orang terdekat.

Untuk menjaga kesehatan rambut selama kehamilan, penting untuk merawat rambut dengan baik, menjaga pola makan yang seimbang, mengelola stres, dan tetap terhidrasi dengan baik. Jika kerontokan rambut selama kehamilan sangat parah atau berlangsung setelah melahirkan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Ingatlah bahwa kerontokan rambut selama kehamilan adalah kondisi sementara dan umumnya akan membaik setelah melahirkan. Fokuslah pada kesehatan dan kebahagiaan Anda dan nikmatilah momen indah dalam perjalanan kehamilan Anda!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para ibu hamil yang mengalami kerontokan rambut. Tetaplah sehat dan bahagia!