Kenapa Ibu Lebih Penting Daripada Ayah?

By | October 22, 2023

Pentingnya peran ibu dalam kehidupan anak tidak bisa dipungkiri. Abdullah Nashin Ulwan, penulis buku Pendidikan Sosial Anak, menjelaskan dua alasan mengapa ibu memiliki peran yang lebih penting daripada ayah.

Mommy Power: Alasan Utama Mengapa Ibu Lebih Penting

Alasan pertama yang menguatkan pentingnya ibu adalah perhatian yang lebih besar yang diberikan olehnya kepada anak. Sejak proses kehamilan, ibu telah membangun ikatan yang mendalam dengan bayi yang dikandungnya. Saat melahirkan, ibu menyaksikan keajaiban kehidupan yang tumbuh dari dalam dirinya, menciptakan ikatan yang tak tergantikan.

Tidak hanya itu, ibu juga memberikan perhatian khusus dalam tahap menyusui. ASI (Air Susu Ibu) yang diproduksi oleh tubuh ibu mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu, momen menyusui juga menciptakan hubungan emosional yang erat antara ibu dan anaknya.

Perhatian ibu terhadap anak tidak berhenti pada masa bayi. Ibu juga bertanggung jawab dalam merawat dan mendidik anak-anak mereka. Mereka sering kali menjadi pilar emosional keluarga, memberikan dukungan, kehangatan, dan ketenangan yang dibutuhkan anak-anak dalam menghadapi dunia yang penuh tantangan.

Kebaikan Hati Ibu yang Tiada Tanding

Alasan kedua mengapa ibu lebih penting adalah kebaikan hati yang melimpah. Ibu memiliki cinta tanpa pamrih yang mengalir begitu deras untuk anak-anak mereka. Kehadiran ibu selalu memancarkan kelembutan, kehangatan, dan perhatian yang tak terbatas.

Ketika anak merasa sedih, ibu akan selalu ada di samping mereka, memberikan dukungan dan menghibur. Ibu memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memahami perasaan anak-anak mereka dan memberikan nasihat yang bijaksana. Mereka adalah sosok yang selalu siap mendengarkan dengan penuh perhatian, tanpa menghakimi atau mencela.

Tidak hanya itu, ibu juga selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan anak-anaknya. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan materi dan emosional anak-anak, bahkan jika itu berarti mengorbankan kepentingan pribadi mereka sendiri.

Ibu adalah pahlawan sejati dalam keluarga, menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, bekerja, dan pada saat yang sama, memberikan kasih sayang yang tak tergantikan kepada anak-anak mereka. Mereka mampu menjalankan berbagai peran dengan baik, menjadi teman, guru, penghibur, dan pelindung bagi anak-anak mereka.

Menutupi Perhatian Ibu dengan Kasih Sayang Tak Terbatas

Jadi, mengapa ibu lebih penting daripada ayah? Jawabannya adalah karena peran dan pengaruh yang tidak tergantikan yang dimiliki oleh ibu. Ibu tidak hanya memberikan perhatian yang lebih besar kepada anak-anak mereka, tetapi juga membawa kebaikan hati yang melimpah tanpa batas.

Melalui ikatan batin, perhatian, dan cinta yang mendalam, ibu menciptakan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Mereka memberikan perlindungan, dukungan emosional, dan panduan yang tidak bisa diukur harganya.

Mari kita hargai peran ibu dalam kehidupan kita. Jadilah terima kasih dan luangkan waktu untuk menyatakan rasa cinta dan penghargaan kepada ibu kita. Tanpa mereka, kita tidak akan menjadi siapa pun yang kita ini hari ini.