Kenapa Vitamin C Tidak Bisa Digabung dengan Niacinamide?

By | May 9, 2024

Pada dunia perawatan kulit, vitamin C dan niacinamide merupakan dua bahan yang populer dan sering digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa ketika digunakan secara terpisah, namun ada satu hal yang perlu diingat: vitamin C dan niacinamide sebaiknya tidak digabung atau digunakan bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Mengapa demikian?

Vitamin C dan Niacinamide: Apa Itu?

Vitamin C adalah sejenis antioksidan yang terkenal karena kemampuannya dalam melawan radikal bebas, memperbaiki kerusakan kulit, dan mencerahkan kulit. Vitamin C dapat membantu memperkuat kolagen, meningkatkan produksi kolagen baru, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Banyak produk perawatan kulit mengandung vitamin C sebagai bahan utama, seperti serum wajah atau krim.

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3, adalah bahan perawatan kulit yang serbaguna. Niacinamide memiliki berbagai manfaat seperti mengurangi produksi minyak berlebih, meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi munculnya jerawat, dan mengurangi hiperpigmentasi. Banyak produk perawatan kulit juga mengandung niacinamide sebagai salah satu bahan utamanya.

Kenapa Tidak Bisa Digabung?

Ketika datang ke vitamin C dan niacinamide, sebenarnya keduanya memiliki manfaat yang signifikan dalam perawatan kulit. Namun, penggunaan keduanya secara bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit dapat menimbulkan beberapa masalah. Salah satu alasan utama adalah keduanya memiliki pH yang berbeda.

Vitamin C, terutama dalam bentuk asam askorbat, memiliki pH yang rendah atau bersifat asam. Di sisi lain, niacinamide memiliki pH yang lebih tinggi atau bersifat basa. Ketika kedua bahan ini digabungkan, pH-nya akan menjadi tidak stabil dan dapat mengurangi efektivitas keduanya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan terjadinya reaksi kimia antara vitamin C dan niacinamide. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dapat merusak rantai vitamin C, sehingga mengurangi efektivitas vitamin C itu sendiri. Ini bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan atau iritasi, dan dalam beberapa kasus dapat memicu terjadinya breakout atau jerawat.

Panduan Mengaplikasikan Vitamin C dan Niacinamide

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari kedua bahan ini, berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda ikuti:

  • Pisahkan penggunaan: Gunakan produk yang mengandung vitamin C pada pagi hari dan produk yang mengandung niacinamide pada malam hari. Dengan melakukan ini, Anda memberikan waktu yang cukup bagi kulit Anda untuk menyerap dan memanfaatkan manfaat masing-masing bahan.
  • Gunakan dalam rutinitas yang terpisah: Jika Anda ingin menggunakan kedua bahan ini dalam rutinitas perawatan kulit Anda, pastikan Anda memberikan jeda waktu antara penggunaan keduanya. Misalnya, gunakan produk dengan vitamin C di pagi hari dan produk dengan niacinamide di malam hari.
  • Pilih produk yang dikombinasikan: Beberapa produsen telah mengembangkan produk perawatan kulit yang mengandung kombinasi vitamin C dan niacinamide dalam satu produk. Dalam kasus ini, formulasi produk tersebut telah dirancang sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bekerja bersama tanpa menyebabkan masalah. Namun, pastikan untuk memeriksa komposisi produk dan membaca ulasan dari pengguna sebelum menggunakannya.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari vitamin C dan niacinamide tanpa menyebabkan masalah pada kulit Anda. Namun, perlu diingat bahwa setiap kulit memiliki keunikan dan sensitivitas yang berbeda. Jika Anda memiliki kondisi kulit khusus atau sedang menggunakan produk perawatan kulit tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatologis atau ahli kecantikan sebelum menggabungkan kedua bahan ini.

Perawatan kulit adalah proses yang membutuhkan pemahaman dan eksperimen. Jika Anda ingin memanfaatkan manfaat dari vitamin C dan niacinamide, penting untuk melakukannya dengan benar dan menghormati karakteristik masing-masing bahan. Dengan perawatan yang tepat, kulit Anda dapat tetap sehat dan bercahaya.