Mengapa Kota Pontianak Dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa?

By | February 8, 2024

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa Kota Pontianak dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa? Mengutip dari laman resmi Pemkot Pontianak, alasan di balik julukan ini adalah karena kota ini terletak tepat di garis ekuator atau khatulistiwa. Letaknya yang strategis menjadikan Pontianak menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman unik berada di dua belahan bumi sekaligus.

Lokasi Strategis di Garis Khatulistiwa

Kota Pontianak terletak di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Di utara Kota Pontianak, tepatnya di Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun di lokasi yang dilalui garis khatulistiwa. Tugu ini menjadi simbol penting bagi Kota Pontianak dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang ingin melintasi garis ekuator dengan satu langkah saja.

Berada di khatulistiwa memberikan Kota Pontianak keunikan tersendiri. Para pengunjung dapat berfoto dengan kaki di dua belahan bumi sekaligus, mengabadikan momen yang tak terlupakan di tengah persimpangan dunia. Tidak banyak kota di dunia yang memiliki keistimewaan ini, itulah mengapa Pontianak menjadi tujuan wisata yang menarik.

Pontianak: Kota Matahari Terbenam

Selain julukan Kota Khatulistiwa, Pontianak juga dikenal sebagai “Kota Matahari Terbenam”. Hal ini disebabkan oleh posisi geografisnya yang berada di sebelah barat pulau Kalimantan. Setiap hari, warga Pontianak dapat menyaksikan pemandangan indah matahari terbenam di tepi sungai Kapuas yang mengalir melalui kota ini.

Pemandangan matahari terbenam di Pontianak benar-benar memukau. Cahaya emas yang merona di langit senja menciptakan suasana romantis dan menenangkan. Banyak pengunjung datang ke kota ini hanya untuk menikmati momen indah ini dan menjadikannya sebagai latar belakang foto yang Instagramable.

Pontianak: Pusat Budaya dan Sejarah

Kota Pontianak juga memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Museum Kalimantan Barat. Di museum ini, pengunjung dapat mempelajari sejarah Kalimantan Barat, budaya masyarakat setempat, serta kekayaan alam yang dimiliki oleh wilayah ini.

Ada juga Istana Kadriyah yang merupakan bekas kediaman Kesultanan Kadriyah. Istana ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Kota Pontianak dan menampilkan arsitektur yang indah. Di sekitar istana, terdapat Taman Alun-Alun Kapuas yang merupakan tempat favorit warga untuk bersantai dan menikmati pemandangan sungai Kapuas.

Kuliner Khas Pontianak

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pontianak tanpa mencicipi kuliner khasnya. Salah satu hidangan yang terkenal adalah Mie Kepiting Pontianak. Mie ini terbuat dari mi kuning yang disajikan dengan kuah kaldu lezat dan daging kepiting yang segar. Rasanya yang gurih dan nikmat membuatnya menjadi favorit para pecinta kuliner.

Selain itu, jangan lewatkan juga Sate Ambal yang terkenal di Pontianak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipanggang dengan bumbu khas Ambal yang membuatnya memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Pontianak: Kota Perdagangan

Kota Pontianak juga memiliki peran penting dalam sektor perdagangan. Terletak di tepi sungai Kapuas, Pontianak menjadi gerbang utama untuk menghubungkan pulau Kalimantan dengan luar daerah. Pelabuhan Sungai Dalam menjadi pusat kegiatan perdagangan di Pontianak, menghubungkan kota ini dengan berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga.

Pasar Tengah Pontianak juga merupakan pusat perdagangan yang ramai. Di pasar ini, pengunjung dapat menemukan berbagai barang dagangan seperti tekstil, kerajinan tangan, hasil pertanian, dan masih banyak lagi. Menjelajahi pasar tradisional ini adalah pengalaman yang menarik untuk merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Pontianak.

Pontianak: Destinasi Wisata Air

Keberadaan sungai Kapuas yang melintasi Kota Pontianak menjadikannya destinasi wisata air yang menarik. Pengunjung dapat menikmati keindahan sungai ini dengan naik perahu atau kelotok. Perjalanan menyusuri sungai Kapuas akan membawa Anda melintasi hutan bakau yang subur dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Salah satu atraksi yang populer adalah Sungai Kapuas Kecil, tempat pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan buaya muara. Selain itu, ada juga Desa Bakam yang terkenal dengan keindahan alamnya. Desa ini menawarkan pengalaman memancing ikan dan menikmati kehidupan masyarakat nelayan setempat.

Pontianak: Kota yang Ramah

Kota Pontianak dikenal sebagai kota yang ramah dan hangat. Penduduknya yang ramah serta keramahan budaya masyarakat setempat membuat para pengunjung merasa diterima dengan baik. Banyak pengalaman positif yang dibagikan oleh wisatawan yang pernah mengunjungi kota ini.

Menjelajahi Kota Pontianak memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari destinasi wisata lainnya. Gabungan antara keindahan alam, sejarah dan budaya, serta keramahan penduduknya menjadikan Pontianak sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Jadi, apakah Anda siap merasakan pengalaman unik di Kota Khatulistiwa?

Secara kesimpulan, Kota Pontianak dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa karena terletak tepat di garis ekuator atau khatulistiwa. Keunikan ini menjadikan Pontianak sebagai destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berada di dua belahan bumi sekaligus. Selain itu, Pontianak juga dikenal sebagai Kota Matahari Terbenam dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau di tepi sungai Kapuas. Kota ini juga memiliki kekayaan budaya, sejarah, kuliner khas, serta menjadi pusat perdagangan dan destinasi wisata air yang menarik. Tidak ketinggalan keramahan penduduknya yang membuat pengunjung merasa diterima dengan baik. Pontianak, Kota Khatulistiwa yang menyimpan banyak keindahan dan pengalaman menarik untuk dijelajahi.